Uncategorized

Penumpang Pesawat Mudik Lebaran 2024 Diprediksi Tembus 7,9 Juta Orang

Holding BUMN Pariwisata dan Pensupport, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi jumlah penumpang pesawat menempuh 7,9 juta orang pada musim mudik lebaran 2024. Diperkirakan penumpang hal yang demikian berangkat melewati 58 ribu penerbangan di 35 airport InJourney Airports.

Sementara itu, diperkirakan puncak arus mudik lebaran 2024 akan jatuh pada 5 April 2024. Meski untuk puncak arus balik terjadi pada 14 April 2024.

Menyambut lonjakan pemudik hal yang demikian, InJourney Bandar akan membuka posko untuk mengakomodasi lonjakan pemudik. Salah satunya terdapat 2.309 extra flights (penerbangan tambahan) dari 12 airlines di 14 airport selama 16 hari mulai dari 3 sampai 18 April 2024.

Sejumlah airport di bawah InJourney Bandar akan beroperasi 24 jam seperti Airport Airport Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Airport Airport Internasional Sultan Hasanuddin Ujung Pandang. Kemudian, Airport Airport Internasional Soekarno Hatta Cengkareng, Airport Airport Internasional Kualanamu Deli Serdang, Airport Airport Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta, Airport Airport Sam Ratulangi Manado

Persiapan juga dikerjakan power of ninja slot InJourney Hospitality atau PT Hotel Indonesia Natour (HIN) yang diprediksi mengalami peak season pada 10-11 April 2024. Tingkat okupansi InJourney Hospitality diperkirakan menempuh 61,2 persen atau meningkat 8 persen diperbandingkan tahun 2023.

Ramadan dan Lebaran 2024
Meski dari segi retail, PT Sarinah juga memanjakan pengunjung selama Ramadan dan juga Lebaran 2024. Sarinah akan mengalami puncak penjualan tertinggi pada 26 Maret sampai 5 April 2024.

Sarinah menargetkan jumlah pengunjung naik 20 persen dari tahun sebelumnya selama masa Ramadan dan Lebaran 2024. PT Sarinah untuk pertama kalinya sesudah transformasi akan menyelenggarakan Midnight Sale.

\\”Pada Midnight Sale, dikasih program diskon 50 persen dan program buy one get one untuk brand tertentu. Pengunjung juga berkesempatan untuk menerima curated gift dengan pembelanjaan minimum Rp500 ribu dan juga voucher,\\” tegas Maya.

Perputaran Uang Libur Lebaran 2024 Diramal Capai Rp 157,3 Triliun

Sebelumnya, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) memproyeksikan perputaran uang selama libur idul fitri atau lebaran 2024 dapat menempuh Rp 157,3 triliun.

Wakil Ketua Biasa Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Tempat Sarman Simanjorang, membeberkan, hal itu terefleksi dari animo masyarakat untuk melaksanakan perjalanan mudik pada wisata idul Fitri tahun ini mengalami kenaikan yang signifikan dibanding tahun lalu.

Jikalau ini yaitu indikator bahwa situasi keuangan masyarakat pasca Covid 19 telah kian membaik. Ramadhan tahun lalu 2023 jumlah pemudik menempuh 123,8 juta orang atau naik 14,2 persen dari tahun 2022, karenanya tahun 2024 pantas data Kementerian Perhubungan jumlah pemudik tahun ini naik sebanyak 193,6 juta orang atau 71,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

Kenaikan jumlah pemudik hal yang demikian akan menggerek kepada kenaikan perputaran uang yang betul-betul besar diseluruh pelosok tanah air terpenting tempat tujuan mudik dan destinasi liburan,\\” kata Sarman, dalam keterangannya, Jumat (29/3/2024).

Menurutnya, dengan jumlah pemudik menempuh 193,6 juta orang, sekiranya jumlah per keluarga dirata ratakan 4 orang karenanya jumlah pemudik berimbang dengan 48,4 juta keluarga, dengan asumsi tiap-tiap keluarga membawa uang rata rata Rp.3.250.000 karenanya perputaran uang selama Beraneka dan Idul Fitri 1445 H tahun ini diperkirakan menempuh Rp 157,3 triliun.

\\”Jumlah hal yang demikian masih berpotensi naik, sebab kita mengalikan angka minimal atau moderat,\\” katanya.

Tersebar ke Selain Sektor

Perputaran uang hal yang demikian akan menyebar diberbagaii sektor usaha seperti ritel, fashion, makanan dan minuman, BBM, transportasi darat (bis-rental-kreta api-kendaraan beroda empat probadi dan motor), transportasi laut (kapal penumpang dan penyeberangan),transportasi udara (pesawat).

itu, juga akan berdampak kepada sektor pariwisata seperti hotel, motel, villa, cafe, café, mini market, aneka toko/warung, destinasi liburan/taman hiburan, UKM makanan khas tempat, souvenir, batik, kain khas tempat dan aneka produk favorit lainnya.

Perputaran uang ini akan menyebar diseluruh pelosok tanah air,secara khusus tempat yang menjadi tujuan utama mudik seperti Jawa Tengah, jawa Timur, Jawa Barat. yogyakarta, Banten dan Jabodetabek yang diperkirakan menempuh 62 persen dari jumlah penduduk, sisanya akan menyebar di Sumatera, Kalimantan, Bali/NTB, Sulawesi, NTT, Maluku dan Papua.

Dengan perputaran yang cukup besar hal yang demikian dipastikan ekonomi tempat akan produktif menunjang meningkatnya konsumsi rumah tangga,\\” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *