Kuliner

Makanan Khas Malaysia yang Bikin Lidah Bergoyang

Makanan Khas Malaysia yang Bikin Lidah Bergoyang

Kemiripan orang Indonesia dan orang Malaysia tidak cuma terbatas kepada ciri khas fisik saja

Masyarakat Indonesia punya banyak kemiripan slot bersama dengan sejumlah negara yang terdapat di Asia Tenggara. Hal ini mungkin sanggup dimengerti, mengingat nyaris seluruh negara yang ada di Asia Tenggara punya nenek moyang sama, menjadi keliru satu alasan di balik banyaknya kesamaan dari satu negara bersama dengan negara lainnya.

Mulai dari beberapa ciri fisik seperti tinggi badan dan warna kulit, kebudayaan, dan bahkan bahasa, Indonesia punya kemiripan bersama dengan negara-negara seperti Brunei Darussalam, Singapura, Thailand, Filipina, hingga Malaysia. Namun, di pada sejumlah negara yang disebutkan ini, nama terakhir, Malaysia menjadi negara yang paling persis bersama dengan Indonesia.

Kemiripan di pada keduanya sanggup muncul termasuk dari faktor bahasa dan bahkan budaya. Grameds sanggup memandang ada beberapa kultur seperti tarian, pakaian, bangunan, hingga makanan khas masing-masing negara yang muncul identik.

Makanan Khas Malaysia

Berbicara soal makanan, ada anggapan bahwa orang-orang Malaysia memakan makanan yang sama bersama dengan penduduk Indonesia. Meskipun anggapan ini tidak semuanya salah, sebenarnya ada termasuk makanan khas Malaysia yang sering menjadi santapan sehari-hari penduduk sana.

Serupa bersama dengan Indonesia, Malaysia termasuk punya peristiwa panjang berkenaan kultur negara mereka. Adanya peristiwa panjang ini pengaruhi hal-hal seperti type berbicara, tempat tinggal adat, dan tentunya, makanan khas mereka tersendiri.

Pada artikel kali ini, kami bakal mengkaji makanan khas Malaysia yang terkenal mengundang selera dan juga punya cita rasa lezat. Di sini, Grameds termasuk bakal mempelajari sedikit peristiwa di balik makanan-makanan khas ini dan juga kapan penduduk Melayu biasa memakan makanan ini.

1. Roti Canai

Nama pertama ini mungkin udah tidak asing bagi orang-orang Indonesia. Saat ini, Grameds sanggup mendapatkan banyak sekali restoran atau kedai yang menyajikan roti canai didalam menu mereka. Meskipun begitu, tidak seluruh area sanggup menyajikan roti canai bersama dengan cita rasa khas Malaysia.

Disebut termasuk sebagai “roti prata”, roti canai punya bermacam macam variasi rasa baik itu manis maupun gurih. Meskipun begitu, rasa roti canai yang paling lazim adalah gurih, gara-gara roti ini umumnya termasuk dimakan sejalan bersama dengan kari. Roti canai biasa menjadi santapan di sementara sarapan.

Sejarah roti canai sendiri di mulai disaat seseorang dari India membawa makanan roti khas mereka sementara kolonialisasi Inggris di Malaysia, menginspirasi warga lokal untuk mengakibatkan roti khas mereka juga. Roti canai termasuk punya sejumlah variasi lain dan biasa termasuk dimakan sebagai cemilan.

2. Pasembur

Tidak cuma roti canai saja yang merupakan makanan bersama dengan efek India di dalamnya. Malaysia termasuk punya banyak makanan lain yang mengambil alih inspirasi dari masakan India. Salah satu makanan tersebut merupakan sejenis cemilan atau makanan pembuka bernama pasembur.

Secara singkat, pasembur ini berwujud makanan semacam rujak yang punya bermacam macam mengisi di dalamnya. Umumnya, isian dari pasembur berwujud timun, kentang, lobak, toge, dan juga seafood macam udang, kepiting hingga bahkan gurita didalam sejumlah variasi.

Pasembur sendiri, meskipun cukup terkenal di Malaysia secara keseluruhan, lebih terkenal di wilayah utara Malaysia seperti Pulau Penang. Pasembur termasuk cukup terkenal di negara Asia Tenggara lainnya, Singapura. Di sana, Pasembur dinamakan sebagai “rojak India”, mengacu kepada asal muasal makanan ini.

3. Heong Peng

Selain dari India, Malaysia termasuk punya banyak efek kultur dari Cina. Kultur ini termasuk pengaruhi banyak makanan khas Negeri Jiran tersebut. Salah satu makanan khas Malaysia yang mengambil alih inspirasi dari Cina adalah sejenis roti pipih bernama Heong Peng.

Pada dasarnya, Heong Peng merupakan roti pipih yang punya isian manis, umumnya terbuat dari malt dan bawang merah. Namun, kini banyak termasuk toko roti yang menyajikan Heong Peng didalam bermacam type rasa, seperti kopi, pandan, atau bahkan durian.

Heong Peng ini benar-benar terkenal di kalangan penduduk Melayu-Tionghoa yang umumnya tinggal di sebelah utara Malaysia. Tetapi, tidak menutup mungkin termasuk orang-orang Melayu asli maupun Melayu-India membeli Heong Peng, lebih-lebih roti ini termasuk sanggup ditemukan di bermacam kedai kopi di Malaysia.

4. Keropok Lekor

Kerupuk di Indonesia merupakan type makanan yang biasa dijadikan makanan pendamping atau terkadang cemilan. Malaysia termasuk punya type kerupuk khasnya tersendiri, yang bernama keropok lekor. Serupa bersama dengan kerupuk terhadap umumnya, keropok lekor punya bahan dasar ikan.

Adapun yang sedikit membedakan pada keropok lekor bersama dengan kerupuk di Indonesia adalah keropok lekor punya bentuk panjang hasil menggulung ikan yang udah digiling dan diolah bersama dengan bersama dengan tepung sagu. Selain itu, metode memasak keropok lekor termasuk bervariasi, umumnya dikukus, direbus, atau digoreng.

Keropok lekor lebih sering dijadikan sebagai cemilan penduduk khas Malaysia, lebih-lebih yang berasal dari Terengganu, wilayah di mana makanan ini berasal. Keropok lekor termasuk sering disediakan bersama dengan saus sambal, meskipun di jaman sekarang, termasuk sering disediakan bersama dengan saus keju atau mayones.

5. Bubur Pedas

Deskripsi makanan ini sanggup dikatakan sesuai bersama dengan namanya. Bubur pedas ini punya rasa pedas gara-gara terbuat dari bermacam macam rempah yang udah dihaluskan seperti bawang putih, bawang merah, daun serai, daun salam, lengkuas, dan udah pasti, cabai merah.

Bubur pedas sendiri termasuk punya sejumlah topping yang sanggup disesuaikan oleh pembuatnya. Namun, topping yang paling lazim ditemukan di didalam bubur pedas di antaranya jamur, rebung, ebi, kacang panjang, dan termasuk daging-dagingan seperti daging ayam maupun daging sapi.

Makanan ini merupakan makanan yang biasa disantap disaat memasuki bulan Ramadhan. Masyarakat Muslim Malaysia, yang umumnya tinggal di area Sambas dan Serawak, menyantap bubur pedas sebagai hidangan berbuka puasa sejalan bersama dengan makanan atau minuman lainnya.

6. Kuzi Ayam

Beberapa dari Grameds mungkin memahami bahwa Malaysia merupakan negara yang terkenal punya bermacam macam kari. Ini gara-gara efek dari orang-orang India yang pergi ke Malaysia. Jika pergi ke Malaysia, wisatawan sanggup mendapatkan banyak restoran yang menyajikan kari sebagai menu utamanya.

Salah satu menu kari yang cukup autentik dari Malaysia bernama kuzi ayam. Sesuai bersama dengan namanya, kuzi ayam merupakan kari bersama dengan bahan dasar ayam. Kari yang satu ini terkenal bersama dengan kuahnya yang kental, dan biasa dimasak gunakan susu evaporasi, kurma, dan terkadang, saffron.

Kuzi ayam adalah masakan khas penduduk Kelantan, yang sanggup dimakan disaat makan siang atau makan malam. Orang-orang Malaysia biasa memakan kuzi ayam bersama dengan bersama dengan nasi yang udah dicampur bersama dengan ghee, atau bersama dengan roti-rotian seperti roti jala.

7. Kerutuk Daging

Jika kuzi ayam yang kami bahas di atas merupakan type kari yang punya bahan dasar ayam, kerutuk daging, sesuai bersama dengan namanya punya bahan dasar daging sapi didalam pembuatannya. Sama seperti kuzi ayam, kerutuk daging termasuk merupakan masakan kari khas Kota Kelantan.

Namun, sedikit berbeda bersama dengan kuzi ayam yang biasa dimasak gunakan susu evaporasi, kerutuk daging merupakan kari tradisional yang umumnya dimasak kenakan santan. Kerutuk daging sendiri termasuk umumnya tidak kenakan bahan-bahan istimewa macam saffron atau kurma seperti kuzi ayam.

Kerutuk daging merupakan hidangan utama baik untuk makan siang atau makan malam. Orang-orang Malaysia biasa memakan kari ini bersama dengan bersama dengan nasi putih hangat, didampingi bersama dengan makanan seperti sambal belacan dan sejenis salad Malaysia atau lalapan.

8. Nasi Lemak

Nama makanan yang satu ini mungkin termasuk udah cukup sering didengar oleh penduduk Indonesia, gara-gara punya banyak kesamaan seperti masakan nasi di jawa, lebih-lebih nasi uduk. Perbedaan ini sanggup ditemukan terasa dari langkah memasak, lauk pauk, dan juga rasa dari makanan ini sendiri.

Meskipun begitu, terdapat beberapa perbedaan pada nasi lemak dan nasi uduk. Meskipun sama-sama dimasak gunakan santan, nasi lemak umumnya punya rasa dan aroma yang lebih ringan, gara-gara gunakan lebih sedikit rempah dibandingkan bersama dengan nasi uduk.

Namun, lauk pendamping nasi lemak umumnya lebih berat dibandingkan bersama dengan nasi uduk. Jika lauk pendamping nasi uduk umumnya cuma berwujud telur dadar, tempe, dan gorengan, nasi lemak umumnya didampingi bersama dengan ayam, telur rebus, atau bermacam type ikan goreng.

9. Bak Kut Teh

Seperti yang tadi udah disinggung, banyak penduduk Melayu-Tionghoa yang tinggal di Malaysia. Jadi, tidak jarang jika kami mendapatkan bermacam type masakan Cina yang umumnya menjadi santapan orang-orang bersama dengan etnis ini. Salah satu makanan lain yang cukup terkenal bagi mereka adalah bak kut teh.

Jika diterjemahkan secara harfiah, bak kut teh punya arti sebagai “daging, tulang teh”. Bahan dasar dari masakan ini adalah iga babi yang direbus sepanjang beberapa jam bersama dengan bumbu dan rempah khas masakan China seperti kayu manis, bunga lawang, adas, dan cengkeh.

Bak kut teh dipopulerkan oleh pelancong asal Cina yang tengah datang di Malaysia. Selain di Malaysia, makanan ini termasuk sanggup ditemukan di Singapura, meskipun punya sedikit perbedaan dari rempah dan bahan-bahan pendamping lain. Bak kut teh biasa dimakan disaat sementara sarapan atau makan siang, dan sering disediakan bersama dengan bersama dengan teh Cina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *