Uncategorized

Daftar Makanan Khas Sulawesi Utara, Nomor 3 Jadi Nama Julukan Kota Manado

JAKARTA, iNews.id – Makanan khas Sulawesi Utara punya cita rasa yang unik. Tidak heran, ada banyak masakan asal Sulut yang terkenal.

Di balik destinasi keindahan alam serta adat istiadat ramah masyarakat Sulut, daerah ini juga menyimpan aneka macam masakan khas yang sepatutnya Anda cicipi saat berkunjung ke Nyiur Melambang.

Apalagi bial mengunjungi kota-kota slot gacor 777 populer di sana seperti Mando, Bitung hingga Tomohon. Anda pasti akan banyak dimanjakan dengan alternatif makanan khasnya yang menggugah selera.

Berikut daftar makanan khas Sulawesi Utara yang sudah dirangkum, Pekan (27/3/2022):

  1. Nasi jaha

Makanan khas Sulawesi Utara ini diketahui dengan sebutan nasi jaha atau nasi jahe. Makanan ini berbahan dasar beras mirip dengan lemang, masakan khas Sumatra. Cara membuatnya dengan memasukkan segala bahan ke dalam batang bambu yang dibakar dalam bara api.

Nasi jaha memiliki cita rasa jahe yang khas. Secara adat istiadat, makanan ini dihidangkan dalam acara-acara tertentu seperti pesta hingga syukuran.

2 . Brenebon

Makanan khas berikutnya yakni brenebon atau masakan sup kacang merah. Hidangan masakan Minahasa ini dihasilkan dari kacang merah dan sayuran yang disajikan dalam kuah kaldu daging dengan campuran bumbu sup pada biasanya seperti bawang putih, merica dan bumbu-bumbu lain.

Diketahui, makanan ini mendapatkan imbas dari masakan Belanda. Karena, nama brenebon yakni sistem penyebutan Manado dari Bahasa Belanda, yakni bruine bonen. Bruine memiliki arti warna coklat, kemudian bonen memiliki arti ‘kacang’.

  1. Bubur Manado (Tinutuan)

Makanan khas Sulawesi Utara berikutnya ada bubur Manado atau terkenal juga dengan nama Tinutuan. Pantas namanya, masakan ini berasal dari Kota Manado. Malah Manado punya julukan sebagai Kota Tinutuan.

Bubur Manado yakni bubur yang mengandung campuran pelbagai macam sayuran seperti labu kuning, bayam, kangkung, singkong, daun gedi, kemangi dan jagung.

Berbeda dengan bubur ayam yang terkenal di sejumlah kota Tanah Air, bubur Manado ini biasanya tak mengandung daging-dagingan. Masakan absah Sulut ini juga biasanya disajikan untuk sarapan pagi hari.

  1. Mi Cakalang

Makanan khas Sulawesi Utara berikutnya mi cakalang. Pantas namanya, hidangan ini yakni mi kuah yang dicampur dengan ikan cakalang.

Mi kuah ini terkenal dengan rasa dan wangi-wangian dari ikan cakalang tersebut. Sama halnya dengan bubur Manado, mi cakalang juga gampang ditemukan di Kota Manado.

Kecuali mi kuning dan ikan cakalang, bahan-bahan hidangan ini di antaranya caisim, kubis, cabai, daun bawang, bawang merah dan bawang putih. Bagi Anda yang suka seafood dan mi, mi cakalang ini yakni hidangan yang sempurna.

  1. Dabu-dabu

Belum legal rasanya sekiranya Anda ke Sulawesi Utara tanpa mencicipi dabu-dabu. Makanan khas Sulawesi Utara ini berupa saos pedas yang rasanya sungguh-sungguh pedas. Seandainya Anda pencinta pedas, pasti Anda akan suka dabu-dabu ini.

Umumnya, dabu-dabu disajikan sebagai bahan penyedap atau pelengkap untuk hidangan utama seperti ikan bakar. Anda juga bisa mengkonsumsi dabu-dabu bersama makanan khas Sulawesi Utara lainnya seperti cakalang fufu.

Itulah 5 makanan khas Sulawesi Utara yang sepatutnya Anda coba saat berkunjung ke daerah ini. Tentunya ini akan menjadi pengalaman masakan sebab punya cita raya yang khas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *